Bacaan Doa Iftitah Lengkap (Arab, Latin dan Artinya)
Ilustrasi Saat Menjalankan Ibadah Sholat Berjamaah dan Saat Membaca Doa Iftitah

Bacaan Doa Iftitah Lengkap (Arab, Latin dan Artinya)

Bacaan Doa Iftitah Lengkap (Arab, Latin dan Artinya) – Saat menjalankan ibadah sholat baik itu sunnah ataupun fardhu tentunya ada doa dan surat yang harus kita baca dan salah satunya yaitu doa iftitah yang dibaca usai takbiraktul ihram atau sebelum membaca surat Al Fatihah. Doa Iftitah sendiri banyak sekali macamnya tapi yang hingga saat ini masih sering dibaca yaitu doa ifitah yang merujuk pada kitab al-Adzkar lin-Nawawi.

Meskipun Doa Iftitah banyak sekali macamnya Anda tidak usah terlalu mempermasalahkan hal tersebut (perbedaan doa iftitah) karena pada dasarnya semua doa iftitah memiliki acuan dari riwayat dan sumber yang jelas.

Membaca doa iftitah sendiri sunnah hukumnya asalkan sebagai berikut:

  • Tidak khawatirnya habis waktu sholat
  • Bukan pada sholat jenazah atau ghaib
  • Bagi makmum tidak khawatir habisnya waktu untuk membaca al fatihah
  • Tidak terlanjur membaca surat al fatihah
  • Masih mendapatai imam sedang berdiri

Jika ketentuan ketentuan yang disebutkan diatas tidak ada maka sunnah hukumnya bagi kita yang sedang menjalankan sholat sunnah atau fardhu membaca doa iftitah.

Jangan Lewatkan: Bacaan Juz Amma Mp3 Suara Merdu

Doa Iftitah Arab, Latin dan Artinya

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai doa iftitah silahkan memahaminya melalui doa iftitah yang akan kami bagikan dibawah ini. Karena disini kami sudah membagikan bacaan arab latin dan juga artinya sehingga Anda semua bisa lebih mudah dalam mempelajari dan memahaminya.

Bacaan Doa Iftitah Arab

Bacaan Doa Iftitah Lengkap (Arab, Latin dan Artinya)

Bacaan Doa Iftitah Latin

Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.

Artinya:

Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).

Oke, mungkin sampai disini dulu pembahasan kita mengenai doa iftitah, semoga memiliki manfaat untuk Anda semua. Trimakasih dan sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *