Bacaan Niat Sholat Fardhu 5 Waktu
Niat Sholat Fardhu (sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, isya)

Bacaan Niat Sholat Fardhu 5 Waktu (Arab, Latin dan Artinya)

Pintardoa.com, Sebelum melaksanakan ibadah sholat, baik itu sholat wajib (fardhu) ataupun sholat sunnah tentunya ada bacaan doa niat yang harus kita baca terlebih dahulu, nah maka dari itu pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membagikan bacaan niat sholat fardhu 5 waktu (sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, isya) yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk menghafalkan niat sholat wajib 5 waktu.

Sebagai umat muslim yang sudah tergolong ke dalam syarat wajib sholat (muslim, berakal, baligh) tentunya sangat diharuskan untuk menjalankan sholat terutama sholat wajib (fardhu). Karena seperti yang sudah kita ketahuai bahwa dalam islam sholat memiliki kedudukan yang sangat tinggi dan merupakan tiang agama.

Seperti halnya kumpulan doa lain yang pernah kami bagikan pada blog ini, niat sholat fardhu yang akan kami bagikan kali ini juga sudah tersedia bacaan arab, latin dan juga terjemahnya. Sehingga akan sangat mudah di hafalkan walaupun belum lancar membaca bacaan arab.

Bacaan Niat Sholat Fardhu 5 Waktu

Bacaan niat sholat wajib 5 waktu saat menjadi imam dan makmum juga berbeda, perbedaannya terdapat pada bacaan مَأْمُوْمًا (saat menjadi makmum) dan إِمَامًا (saat menjadi imam). Untuk lebih detalnya lagi mengenai bacaan niat sholat silahkan lihat dibawah ini:

Bacaan Niat Sholat Subuh

Sholat subuh merupakan sholat fardhu yang memiliki 2 (dua) raka’at, walaupun raka’atnya paling sedikit dari sholat wajib lainnya tapi sholat subuhlah yang sering ditinggalkan oleh umat muslim, kenapa ? karena memang pelaksanaan sholat subuh diawali dengan kemunculan cahaya putih yang muncul dari ufuk timur kemudian berakhir ketika matahari sudah terbit. Dan suara adzan pada sholat subuh juga tidak seperti biasanya yaitu terdapat tambahan Ash-shalaatu khairum minan-nauum yang artinya sholat itu lebih baik daripada tidur.

Balik lagi ketopik utama kita yaitu bacaan niat sholat subuh dan berikut ini niat shalat shubuh arab, latin dan artinya:

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى

“Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati (adaaan) [makmuuman / imaaman] lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Shubuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, (Sebagai) [makmum / imam], karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Niat Sholat Dzuhur

Sholat dzuhur merupakan sholat yang waktu pelaksanaannya pada siang hari atau lebih tepatnya pada saat tergelincirnya matahari, sholat dzuhur ini tergolong kedalam sholat wajib yang memiliki 4 (empat) raka’at. Dan berikut ini bacaan niat saat sholat dzuhur.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ أَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى

“Ushallii fardhazh-Zhuhri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati (adaaan) [makmuuman / imaaman] lilaahi ta’aalaa.”

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Dzuhur sebanyak empat raka’at dengan menghadap kiblat, (Sebagai) [makmum / imam], karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Niat Sholat Ashar

Sama seperti sholat dzuhur, sholat ashar juga memiliki 4 (empat) raka’at. Untuk waktu pelaksanaan sholat ashar yaitu saat tinggi bayangan bertambah dari tinggi bendanya. Akhir waktunya yang disebut waktu ikhtiyar (pilihan) adalah saat tinggi bayangan bertambah dua kali tinggi benda. Akhir waktu jawaz (bolehnya) adalah saat matahari tenggelam. Berikut ini bacaan niat saat sholat ashar.

أُصَلِّى فَرْضَ العَصْرِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى

“Ushallii fardhal ‘Ashri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati (adaaan) [makmuuman / imaaman] lilaahi ta’aalaa.”

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Ashar sebanyak empat raka’at dengan menghadap kiblat, (Sebagai) [makmum / imam], karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Niat Sholat Maghrib

Dalam sholat maghrib terdapat 3 (tiga) raka’at, dan waktu pelaksanaannya yaitu dimulai saat matahari mulai tenggelam. Adapun bacaan niatnya sebagai berikut ini:

أُصَلِّى فَرْضَ المَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى

“Ushallii fardhal Maghribi tsalaatsa raka’aatin mustaqbilal qiblati (adaaan) [makmuuman / imaaman] lilaahi ta’aalaa.”

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Maghrib sebanyak tiga raka’at dengan menghadap kiblat, (sebagai) [makmum / imam] karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Niat Sholat Isya

Dan yang terakhir ini yaitu sholat isya, raka’at dalam sholat isya sama seperti sholat dzhuru dan juga azhar yaitu 4 (empat) raka’at. Untuk waktu pelaksanaannya yaitu pada saat awan merah di ufuk telah hilang. Akhir waktunya yang disebut waktu ikhtiyar (pilihan) yaitu hingga 1/3 malam, sedangkan akhir waktu jawaz (bolehnya) adalah saat terbit fajar kedua (fajar shodiq). Adapun niat sholat isyaa sebagai berikut.

أُصَلِّى فَرْضَ العِشَاء ِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى

“Ushallii fardhal Isyaa’i arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati (adaaan) [makmuuman / imaaman] lilaahi ta’aalaa.”

Artinya: “Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Isya’ sebanyak empat raka’at dengan menghadap kiblat, (sebagai) [makmum / imam] karena Allah Ta’ala”

Itulah bacaan niat sholat fardhu (wajib) 5 waktu yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat untuk Anda semua. Ohh iya, kalau ada kesalahan dalam kata ataupun penulisan jangan sungkan untuk memberi tahu kami melalui kolom komentar dibawah, supaya kami bisa segera memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *