Jika kita menjalankan puasa syawal selama 6 hari maka kita akan mendapatkan pahala seperti puasa setahun penuh (islamidia.com)

Tata Cara Puasa Syawal (Bacaan Niat, Waktu dan Dalilnya)

Tata Cara Puasa Syawal – Masih seputar puasa yang akan kita bahas, untuk kesempatan ini kami akan menulis sebuah artikel tentang puasa syawal atau puasa yang dilakukan selama 6 hari pada bulan Syawal, adapun beberapa hal yang akan kami bahas dalam artikel ini yakni meliputi bacaan niat puasa syawal, waktu pelaksanaan, dan juga dalil yang menjelaskan tentang puasa syawal.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwasannya puasa syawal merupakan puasa sunnah (jika dikerjakan mendapat pahala dan kalau ditinggalkan tidak berdosa) tapi alangkah sangat disayangkan sekali kalau kita meninggalkan puasa sunnah yang satu ini, karena puasa syawal memiliki keutamaan sangat mulia yaitu apa bila kita melaksanakan puasa tersebut selama 6 hari dibulan syawal maka kita akan  mendapatkan pahala puasa setahun penuh.

Waktu Puasa Syawal

Waktu pelaksanaan puasa syawal yang paling afdhal yaitu setelah hari raya idul fitri, lalu mulai menjalankan puasa pada tanggal 2 syawal selama 6 hari secara terus menerus, akan tetapi jika kita tidak bisa pada tanggal tersebut, kita masih bisa berpuasa syawal asalkan masih pada bulan syawal itu sendiri.

Jika seseorang yang tatkala di bulan Ramadhan berhutang akan tetapi karena udzur, lalu ia mengqodho puasa ramadhan nya tersebut sebelum berpuasa 6 hari di bulan Syawwal maka iapun juga seakan-akan berpuasa setahun penuh, Ibnu Muflih berkata :

Zohirnya tidaklah disunnahkan untuk syawwal kecuali jika bagi orang yang telah berpuasa Ramadhan…akan tetapi disebutkan di “Al-Furuu’” bahwasanya keutamaan puasa Syawwal tetap diperoleh bagi orang yang berpuasa syawwal dan telah mengqodo puasa ramadannya yang ia berhutang puasa karera udzurAl-Mubdi' 3/49

Sedangkan kalau kita sedang berudzur atau berhalangan seperti sakit, dalam keadaan nifas, sebagai musafir, dan tidak mampu berpuasa enam hari di bulan syawal, maka boleh orang seperti ini meng-qadha puasa’ (mengganti) puasa syawal tersebut di bulan Dzulqa’dah.

Lafadz Niat Puasa Syawal

Sama halnya puasa lainnya, sebelum kita menjalankan puasa syawal pastinya ada niat yang harus kita baca, Adapun bacaan niat puasa syawal sebagi berikut ini:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

“NAWAITU SHOUMA GHODIN ‘ANSITTATIN MIN SYAWAALI SUNNATAN LILLAAHI TA’ALAA”

“Saya niat berpuasa sunnah enam hari bulan Syawal karena Allah”

Dalil Puasa Syawal Selama 6 Hari

Berikut ini beberapa dalil atau hadist yang menjelaskan mengenai puasa sunnah syawal selama 6 hari:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Yang Artinya: Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa 6 (enam) hari bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti puasa satu tahun penuh.HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah

جعل الله الحسنة بعشر أمثالها فشهر بعشرة أشهر وصيام ستة أيام تمام السنة

Allah menjadikan kebaikan dengan 10 kali lipat. Maka satu bulan sama dengan 10 bulan. Dan puasa enam hari sama dengan setahun penuh.HR. Nasa'i

صيام شهر رمضان بعشرة أمثالها وصيام ستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة

Puasa sebulan Ramadan pahalanya 10x lipat. Puasa enam hari bulan Syawal sama dengan dua bulan. Maka jumlahnya sama dengan setahun penuh.HR. Ibnu Khuzaimah

Itulah sedikit pengetahuan mengenai puasa syawal yang dapat kami bagikan untuk Anda semua, semoga ini memiliki banyak manfaat untuk Anda. dan kalaupun ada keselahan dalam penulisan ataupun yang lainnya jangan sungkan untuk memberi tahu kami melalui kolom komentar dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *