Tata Cara Sholat Tahajud
Panduan Sholat Tahajud - Bacaan Niat dan Doa Lengkap (skifkunram.com)

Tata Cara Sholat Tahajud (Bacaan Niat dan Doa Lengkap)

Tata Cara Sholat Tahajud – Assalamualaikum temen temen semua, pada kesempatan kali ini pintardoa.com akan membagikan panduan sholat sunnah (tahajud) secara lengkap mulai dari bacaan niat, doa setelah sholat tahajud, hukum sholat tahajud dan juga waktu pelaksanaan.

Sebelum masuk ke topik utama, ada baiknya kalau kita sedikit mengetahui tentang apa itu sholat tahajud, Nah jadi sholat tahajud adalah sholat sunnah dua (2) rakaat yang waktu pelaksanaannya pada sepertiga (1/3) malam atau dilakukan pada setengah akhir waktu malam. Untuk waktu pelaksanaan para ulama memiliki 2 pendapat yang berbeda yaitu sebagai berikut:

Pendapat 1: Pelaksanaan sholat sunnah tahajud ini harus dilakukan setelah bangun tidur di malam hari.

Pendapat 2: Sedangkan pendapat ke2 ini sebaliknnya, yaitu orang yang ingin menjalankan sholat tahajud ini tidak perlu tidur dahulu.

Tapi dari 2 pendapat di atas yang paling umum di gunakan yaitu pendapat 1 yaitu pelaksanaannya di malam hari setelah bangun tidur.

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap

Setelah sedikit memahami tentang sholat tahajud di atas, sekarang kita lanjut ke topik intinya yaitu tentang bacaan doa dan niat sholat sunnah tahajud:

Niat Sholat Tahajud


Niat Sholat Tahajud Arab

Bacaan Latin: Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.

Panduan Sholat Tahajud


  1. Langkah pertama yaitu membaca niat sholat tahajud yang sudah kami tuliskan di atas
  2. Mengucapkan takbir (Allahhuakbar) sambil mengangkat kedua tangan ke atas seperti takbir sholat pada umumnya
  3. Membaca doa iftitah (jika belum hafal bisa lihat artikel bacaan doa iftitah yang sudah sempat kami bagikan di waktu sebelumnya)
  4. Membaca surat Al-fatihah.
  5. Setelah membaca surat al-fatihah, bacalah surat al quran yang anda hafal seperti an-naas, al-ikhlas, ataupun bacaan lainnya.
  6. Melakukan gerakan ruku’, i’tidal, sujud, hingga salam sambil membaca bacaan untuk gerakan tersebut.
  7. Untuk rakaat selanjutnya, ikuti langkah 2-6
  8. Setelah salam, Anda disunahkan membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, dan doa sholat tahajud.

Doa Sholat tahajud


Doa Setelah Sholat Tahajud Arab

Bacaan Latin Doa Sholat Tahajud: 

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya:

“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Waktu Sholat Tahajud


Waktu Sholat Tahajud boleh dikerjakan di awal, pertengahan atau akhir malam. Ini semua pernah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana Anas bin Malik -pembantu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam– mengatakan.

Waktu Sholat Tahajud

“Tidaklah kami bangun agar ingin melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam hari mengerjakan shalat kecuali pasti kami melihatnya. Dan tidaklah kami bangun melihat beliau dalam keadaan tidur kecuali pasti kami melihatnya pula.”12

Hukum Sholat Tahajud


Hukum dalam melaksananakan shalat tahajud adalah sunnah muakkad atau sangat di anjurkan dalam melaksanakannya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al Qur’an mengenai sholat sunnah paling istimewa ini:

Hukum Sholat Tahajud

Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.QS. Al Israa’: 79

Oke sampai disini dulu artikel tentang tata cara shalat tahajud yang dapat kami bagikan hari ini, semoha bisa bermanfaat untuk anda semua.

Referensi: rumaysho.com, mediamaya.net, bersamadakwah.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *